Blog Artikel

Karakter Dalam Merchandise Resmi Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Rio 2016 telah usai diselenggarakan dan perhelatan akbar Olimpiade berikutnya akan diadakan di kota Tokyo, Jepang untuk tahun 2020. Jepang merupakan negara yang sangat dikenal dengan pop kultur animasi dan komik yang sudah mendunia. Dalam menyambut Olimpiade Tokyo 2020 ini Jepang pun tidak luput untuk mengajak serta para karakter fiksi komik, animasi serta game yang digunakan sebagai sarana promosi. Seperti pada saat penutupan Olimpiade Rio di mana Perdana Menteri Shinzo Abe ber-cosplay sebagai Mario dan juga ada pemutaran video promosi Olimpiade Tokyo 2020 yang diramaikan oleh karakter IP asal negeri tersebut.

Kehadiran karakter-karakter tersebut ternyata tidak hanya muncul dalam video promosi saja. Pihak komite Olimpiade Tokyo 2020 telah membuka situs online penjualan merchandise resmi untuk Olimpiade berikutnya. Menariknya dalam penjualan merchandise ini, komite Olimpiade Tokyo 2020 turut serta berkolaborasi dengan berbagai karakter IP.

Beragam karakter-karakter dari anime dimunculkan dalam berbagai merchandise official Olimpiade 2020 nanti. Karakter-karakter ini muncul dalam beragam merchandise mulai dari T-Shirt, topi, tempat pensil, handuk, hingga gantungan kunci. Apa sajakah karakter-karakter yang berkolaborasi dalam merchandise resmi ini? Mari simak daftarnya di bawah ini.

Astro Boy

Salah satu karakter yang dimunculkan dalam merchandise resmi Olimpiade Tokyo 2020 ini adalah si robot cilik Astro Boy. Astro Boy (dikenal juga di Jepang dengan nama Tetsuwan Atomu) merupakan karakter dari komik karya maestro komik dan animasi Jepang, Osamu Tezuka. Serial komik Astro Boy pertama kali rilis pada tahun 1952. Pada tahun 1963, seri komik ini diadaptasi menjadi serial animasi. Astro Boy merupakan salah satu karya yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan komik dan animasi di Jepang dan juga di dunia.

Pretty Guardian Sailor Moon

Dengan kekuatan bulan yang dimiliki olehnya, Sailor Moon juga turut hadir sebagai salah satu karakter yang muncul dalam merchandise resmi Olimpiade Tokyo 2020. Sailor Moon merupakan serial komik karangan Naoko Takeuchi yang juga muncul dalam serial animasi. Sailor Moon mengisahkan seorang siswi SMP bernama Usagi Tsukino yang dapat berubah menjadi Sailor Moon berkat kekuatan ajaib dari kucing yang bernama Luna. Serial dengan genre gadis penyihir (Mahou Shoujo/Magical Girl) ini juga cukup dikenal di Indonesia dengan komik dan serial animasi yang pernah hadir di Indonesia. Pada tahun 2014, komik ini kembali diadaptasi menjadi seri animasi baru yang berjudul Sailor Moon Crystal.

Crayon Shin-Chan

Karakter berikutnya yang dimunculkan dalam merchandise resmi Olimpiade Tokyo 2020 adalah Shinnosuke Nohara, atau yang akrab dikenal dengan nama Shin-Chan. Karakter ini berasal dari serial komik dan animasi Crayon Shin-Chan karangan Yoshito Usui. Baik serial komik maupun animasi dari Crayon Shin-Chan pernah juga hadir di Indonesia. Meskipun sang pengarang telah berpulang pada tahun 2009, sejak tahun 2010 seri komiknya di Jepang terus dilanjutkan dengan judul baru yakni New Crayon Shin-Chan.

One Piece

Siapa tidak kenal dengan karakter yang satu ini? Ia adalah seorang manusia karet serta pria yang memiliki impian untuk menjadi raja bajak laut, dialah Monkey D. Luffy. Sang bajak laut Luffy dari serial One Piece karangan Eiichiro Oda ternyata juga muncul dalam merchandise resmi Olimpiade Tokyo 2020. Serial komik One Piece pertama kali muncul dalam majalah komik Weekly Shonen Jump di tahun 1997. Hingga saat ini sang komikus, Eiichiro Oda disebut-sebut sebagai komikus yang sangat berpengaruh dalam industri komik di Jepang. One Piece sendiri tercatat sebagai komik terlaris yang bahkan telah mencetak rekor dunia. Di Indonesia seri anime One Piece pernah ditayangkan oleh salah satu stasiun tv swasta nasional. Seri komiknya sendiri masih terus terbit di Indonesia hingga sekarang.

Naruto Shippuden

Membicarakan mengenai karakter animasi dan komik dari Jepang, salah satu karakter yang juga cukup terkenal adalah Naruto Uzumaki. Naruto merupakan seri yang mengisahkan perjuangan ninja karangan Masashi Kishimoto. Seri komik Naruto pertama kali rilis pada tahun 1999 dan telah diadaptasi menjadi serial animasi dan berbagai judul film animasi. Di Indonesia, serial serta film animasi Naruto pernah ditayangkan, begitu juga dengan serial komiknya yang juga terbit di Indonesia. Kisah Naruto dalam komik sudah tamat pada tahun 2014. Meski cerita Naruto sudah tamat namun sang penulis merilis komik berjudul Boruto yang mengisahkan anak dari Naruto.

Yokai Watch

Satu lagi karakter yang dihadirkan dalam merchandise resmi Olimpiade Tokyo 2020 adalah Jibanyan dari seri Yokai Watch. Yokai Watch merupakan sebuah produk franchise media mix produksi Level-5 yang meliputi game, komik, serta serial animasi. Serial Yokai Watch mengisahkan pertemuan Keita dengan Yokai (hantu) bernama Whisper yang memberikan Keita sebuah alat bernama Yokai Watch. Dengan bantuan alat tersebut, Keita bisa melihat serta berinteraksi dengan para Yokai yang selalu membuat masalah di dunia manusia. Di Indonesia sendiri seri komik dan anime dari Yokai Watch sudah dirilis.

Dragon Ball

Membicarakan mengenai karakter komik dan animasi asal Jepang, satu yang sangat terkenal di Indonesia adalah Son Goku dari serial Dragon Ball. Dalam menyambut Olimpiade Tokyo 2020, karakter Son Goku muncul dalam merchandise resminya. Dragon Ball merupakan serial animasi serta komik karangan Akira Toriyama. Komik Dragon Ball pertama kali hadir pada tahun 1984. Untuk serial animasinya sendiri, pertama kali rilis pada tahun1986 dan masih tayang hingga sekarang. Komik serta serial animasinya sudah dirilis dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Mahou Girls Pretty Cure!

Beberapa karakter yang muncul dalam merchandise resmi Olimpiade Tokyo 2020 adalah karakter-karakter dari IP yang sudah ada sejak lama. Berbeda dengan karakter-karakter sebelumnya, kali ini justru karakter dari IP yang baru saja dirilis turut hadir dalam merchandise resmi Olimpiade Tokyo 2020. Mahou Girls Pretty Cure! atau yang dalam bahasa Jepang disebut sebagai Mahou Tsukai Pretty Cure merupakan serial animasi yang baru tayang pada bulan Februari tahun 2016 yang diproduksi oleh Toei Animation. Serial animasi ini sebenarnya merupakan judul ke-13 dari seri Pretty Cure karya Izumi Todo. Seri Pretty Cure sendiri di Jepang pertama kali hadir dengan anime berjudul Futari wa Pretty Cure di tahun 2004 yang pernah tayang di Indonesia. Serial animasi Mahou Girls Pretty Cure! ini disutradarai oleh Masato Mitsuka dengan naskah yang ditulis oleh Isao Murayama dan desain karakter karya Emiko Miyamoto. Seri animasi ini masih tayang di Jepang hingga sekarang.

Kolaborasi para karakter IP untuk menyambut Olimpiade Tokyo 2020 ini diprakarsai oleh pihak Japanese Olympic Comittee (JOC) dengan pemilik IP karakter-karakter tersebut. Untuk harga dari merchandise resmi Olimpiade Tokyo 2020 ini sendiri dibanderol dengan kisaran harga 500 hingga 4.000 Yen (sekitar Rp60.000 – Rp480.000). Beragam merchandise ini sudah bisa dipesan secara online.

Sumber

https://tokyo2020shop.jp/user_data/special_character.php

Tags: