Blog Artikel

Karakter Komik dan Animasi Yang Menjadi Bintang Iklan

Karakter fiksi biasanya hanya tampil dalam media komik, game, animasi, maupun merchandising. Banyak karakter fiksi dari komik, game serta animasi yang memiliki popularitas cukup besar. Popularitas tinggi dari para karakter ini ternyata menarik para pemilik brand untuk menggunakan berbagai karakter fiksi ini sebagai model iklan.

Banyak karakter fiksi yang kini telah membintangi berbagai macam iklan maupun dijadikan model dari kampanye kreatif sebuah produk. Ada karakter komik yang hadir membintangi sebuah iklan video, ada juga karakter yang muncul dalam packaging sebuah produk. Apa saja karakter-karakter berbasis IP yang menjadi model iklan berbagai brand ternama? Simak daftarnya di bawah ini:

1. Marvel

Berbicara mengenai karakter fiksi dalam komik, Marvel merupakan penerbit komik asal Amerika yang banyak memiliki karakter superhero. Selain tampil di komik, game, dan juga film, ternyata karakter-karakter superhero dari Marvel ini juga dijadikan model iklan beberapa brand ternama.

Salah satu iklan yang menampilkan referensi dari karakter superhero Marvel adalah iklan dari Gilette. Pada tahun 2015 Gilette mengumumkan sebuah kolaborasi fiktif dengan Stark Industries untuk membuat sebuah alat cukur yang memiliki bentuk dan kekuatan bagaikan para superhero di film The Avengers: Age of Ultron. Tonton video iklannya berikut ini:

Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa brand yang pernah ber-iklan dengan karakter superhero Marvel dengan merilis sebuah komik edisi khusus. Beberapa brand yang pernah ber-iklan dengan membuat komik khusus ini diantaranya adalah M&M’s serta Lexus.

Selain itu, salah satu seri superhero dari Marvel, X-Men juga pernah menjadi sebuah kampanye promosi khusus dari Carl’s Jr. Jelang perilisan film X-Men Days of Future Past, restoran cepat saji Carl’s Jr. Meluncurkan sebuah kampanye bernama X Men Makeover. Dalam kampanye ini, pengguna instagram bisa mengunggah foto selfie mereka bersama dengan burger Carl’s Jr. dengan tagar #EatLikeYouMeanIt. Nantinya foto tersebut akan diedit dimana orang dalam foto tersebut akan digambarkan sebagai salah satu mutan dari seri X-Men.

2. DC Comics

Komik superhero asal Amerika Serikat yang juga cukup terkenal ada karakter-karakter superhero terbitan DC Comics. Pada tahun 2014, pihak DC Comics melakukan kolaborasi cross-over dengan game Scribblenauts rilisan Warner Bros. Interactive Entertainment. Dalam kolaborasi ini cover komik superhero DC Comics dijadikan media untuk mempromosikan game Scribblenauts Unmasked, lengkap dengan karakter Superman, The Flash, dan yang lainnya digambar dengan desain visual seperti pada game Scribblenauts Unmasked.

3. Spongebob SquarePants

Spongebob SquarePants merupakan karakter ciptaan Stephen Hillenburg yang menjadi karakter utama serial animasi di jaringan Nickelodeon. Pada tahun 2009 karakter Spongebob SquarePants telah meraup keuntungan sebesar 8 Milyar USD dengan 700 mitra lisensi di seluruh dunia. Secara popularitas, karakter spons kuning yang tinggal di rumah nanas di bawah laut ini dikenal luas baik oleh anak-anak maupun remaja.

Tingginya popularitas karakter Spongebob ini membuat berbagai brand tertarik membuat iklan dengan Spongebob.  Salah satu brand yang membuat iklan dengan Spongebob ini adalah Burger King.

Spongebob dan Patrick juga pernah membintangi iklan dari Sky Kids TV bersama karakter kartun lainnya.

4. Inside Out

Inside Out merupakan film animasi 3D besutan Disney Pixar yang disutradarai oleh Pete Docter. Film ini mengisahkan bagaimana jika perasaan dan emosi manusia hadir dalam bentuk karakter. Dalam film ini ada 5 karakter yang masing-masing memiliki sifat mewakili perasaan dan emosi manusia.

Salah satu penyedia layanan internet broadband di Eropa, Sky Fibre membuat iklan yang dibintangi oleh karakter dalam film Inside Out. Menariknya pihak Sky Fibre membuat iklan ini menjadi serial dengan menghadirkan masing-masing karakter Inside Out pada setiap iklannya:

Joy

Anger

Disgust

Sadness

Fear

5. Betty Boop

Betty Boop merupakan karakter fiksi ciptaan Max Fleischer yang lahir pada tahun 1930. Sejak tahun 1930 hingga sekarang karakter ini telah muncul dalam berbagai media mulai dari animasi hingga merchandising. Sosoknya yang erat dengan citra wanita cantik menjadikan karakter ini pernah membintangi iklan produk kecantikan. Betty Boop pernah menjadi bintang iklan dari produk Hypnose Star Mascara dari Lacome.

6. Shaun the Sheep

Karakter lain yang juga muncul sebagai bintang iklan dari sebuah produk adalah Shaun the Sheep. Shaun the Sheep merupakan animasi stop-motion asal Inggris yang merupakan spin-off dari seri Wallace and Gromit. Selain tampil dalam serial animasinya sendiri, para domba ini juga pernah membintangi iklan seperti iklan McDonalds yang satu ini:

Selain dalam iklan McDonalds, Shaun the Sheep juga muncul dalam iklan produk Pucchin Pudding dari Glico pada tahun 2000 yang tayang di Jepang.

7. Larva

Karakter animasi asal Korea Selatan juga menjadi bintang iklan. Larva, serial animasi komedi produksi Tuba Entertainment asal Seoul, Korea Selatan ini pernah menjadi bintang iklan dari produk minuman energi bernama Hot 6.

8. Pokemon

Salah satu franchise karakter yang sangat terkenal di dunia adalah Pokemon. Popularitas seri Pokemon dan karakter-karakternya sudah sangat tinggi dengan rilisnya berbagai game, film, serta animasi dari franchise ini. Selain dalam game dan animasi, Pokemon juga pernah tampil dalam iklan perhelatan Super Bowl tahun 2016. Iklan ini juga dibuat dalam rangka perayaan ulang tahun ke-20 dari franchise Pokemon.

9. Final Fantasy XIII

Lightning, karakter utama dari game Final Fantasy XIII juga pernah membintangi sebuah iklan. Lightning, karakter utama dari game FFXIII pernah menjadi model iklan untuk brand fashion ternama Louis Vuitton.

10. Doraemon

Karakter robot kucing dari abad ke-22, Doraemon juga pernah menjadi bintang iklan. Doraemon dan Nobita pernah membintangi iklan dari brand Sharp untuk kampanye promosi dengan tema Love.Life. Sharp mengemas berbagai iklan produk elektroniknya mulai dari televisi hingga pendingin ruangan dengan karakter Doraemon. Beberapa iklan ini juga pernah tayang di Indonesia.

11. Hatsune Miku

Hatsune Miku merupakan karakter dari software voice synthesizer Vocaloid ciptaan Crypton Future Media. Popularitas Hatsune Miku sebagai artis virtual sudah sangat diakui baik di Jepang dan bahkan di dunia. Penyanyi virtual ini telah menggelar konser secara virtual di Amerika Serikat dan bahkan di Indonesia. Kepopuleran karakter yang tinggi ini membuat Hatsune Miku juga menjadi model iklan yang telah membintangi berbagai macam iklan dari brand ternama. Salah satu brand yang pernah menggunakan Miku sebagai bintang iklannya adalah Sony Xperia dalam iklan berikut ini:

Pada akhir Agustus 2016, Hatsune Miku juga baru saja membintangi sebuah iklan shampoo dari brand Lux. Pada iklan tersebut, artis virtual ini beradu akting dengan salah satu bintang Hollywood, Scarlett Johansson.

12. Your Name

Your Name (Kimi no na wa dalam judul bahasa Jepangnya) merupakan film animasi terbaru karya Makoto Shinkai dari studio ComixWave Films. Menjelang penayangan film animasi ini di Jepang, film animasi ini berkolaborasi dengan produk air mineral Suntory. Pada kolaborasi ini para karakter dalam film ini ternyata turut membintangi iklan air mineral tersebut.

13. Attack on Titan

Kehadiran karakter fiksi dalam sebuah iklan ternyata tidak hanya muncul dalam iklan dari produk konsumsi harian dan fashion saja. Industri otomotif juga tak luput melirik para karakter fiksi untuk tampil sebagai bintang iklan. Seperti pabrikan mobil asal Jepang, Subaru yang membuat iklan dengan tema dari seri Attack on Titan. Attack on Titan (Shingeki no Kyojin dalam judul bahasa Jepangnya) merupakan seri komik karangan Hajime Isayama yang mengisahkan perjuangan manusia melawan para raksasa. Pihak Subaru menghadirkan para raksasa ini dalam iklan SUV Forester berikut ini:

14. One Piece

Para anggota kru bajak laut topi jerami ternyata memiliki kerjaan sampingan selain mencari harta karun. Luffy, Chopper, Zoro, dan anggota kru lainnya menjadi bintang iklan untuk produk minuman bersoda Fanta. Pihak The Coca Cola Company di Jepang membuat sebuah promosi kolaborasi khusus dengan serial One Piece. Para karakter dalam seri ini tampil mempromosikan varian rasa anggur serta jeruk dari minuman Fanta. Seperti apa reaksi para bajak laut topi jerami saat mencoba minuman ini? Simak video iklannya berikut ini:

15. Boboi Boy

Perkembangan industri komik dan animasi di negara tetangga kita, Malaysia juga mengalami pertumbuhan yang pesat. Salah satu serial animasi yang sangat terkenal dari negara tersebut adalah Boboi Boy. Boboi Boy merupakan serial animasi buatan Nizam Razak yang diproduksi oleh Animonsta Studio. Serial ini telah meluncurkan 3 musim seri animasi dan sebuah film animasi layar lebar.

Para karakter dalam seri Boboi Boy ini juga pernah membintangi beberapa iklan dari berbagai produk, mulai dari makanan ringan hingga produk kebersihan.

16. Mazinger

Tidak mau kalah dengan karakter lain, sang robot pahlawan Mazinger juga ikut menjadi bintang iklan. Pada tahun 2015 perusahaan asuransi Manulife membuat sebuah iklan yang dibintangi oleh Mazinger, robot dari serial fiksi karya Go Nagai. Iklan yang berjudul Mazinger Mazin-Go to Second Life ini dikemas dengan pendekatan emosional. Dalam iklan ini dikisahkan bahwa Mazinger adalah seorang manajer di sebuah kantor yang memutuskan untuk mundur dari jabatannya di perusahaan tersebut. Suatu hari karyawan di kantor semua membicarakan mengenai sang manajer tersebut yang dianggap sebagai sosok manajer yang baik hati dan seorang pekerja keras. Penasaran seperti apa jika Mazinger menjadi seorang manajer? tonton iklan lengkapnya berikut ini:

17. Si Juki

Penggunaan karakter fiksi sebagai bintang iklan ternyata tidak hanya dilakukan di luar negeri saja. Si Juki, salah seorang karakter komik anti-mainstream asal Indonesia juga pernah membintangi berbagai iklan dalam bentuk komik. Sifat Juki yang inovatif dan anti-mainstream ini menjadikan beberapa brand mengemas promosi dan aktivasi dengan cara bercerita yang jenaka dan disukai oleh para penggemarnya. Sudah ada banyak brand yang beriklan menggunakan karakter Si Juki mulai dari game online, operator seluler, makanan ringan, mie instan hingga ponsel pintar.

18. Reon Comics

Reon Comics merupakan salah satu majalah komik Indonesia yang juga turut menghadirkan para karakter didalamnya sebagai bintang iklan. Pada beberapa edisi dari majalah komik ini sering dimunculkan iklan dari beberapa brand yang dibintangi oleh karakter-karakter dari Reon Comics. Iklan yang dikemas dengan ilustrasi komik serta hadirnya para karakter Reon Comics ini membuat iklan-iklan yang ada pada majalah komik ini tidak mengganggu, dan terkesan out of place.

Karakter fiksi yang hadir dalam komik, game dan animasi ternyata juga memiliki potensi dalam bidang promosi. Popularitas yang dimiliki tiap karakter dengan basis penggemarnya masing-masing menjadi suatu pasar yang tentu potensial. Sifat unik yang melekat dalam diri masing-masing karakter fiksi yang ada juga bisa mengemas sebuah promosi dengan cara yang kreatif dan juga interaktif. Di Indonesia sendiri kini karakter-karakter fiksi ciptaan kreator dalam negeri mulai bermunculan dengan beragam sifat dan potensinya dan tentu bisa juga menjadi media alternatif untuk meningkatkan brand awareness dengan menggunakan karakter.

Tags: ,