Blog Artikel

Promosi dengan Komik? Begini Caranya!!!

Komik adalah salah satu media hiburan melalui penceritaan dan karakter fiksi. Saat ini komik terus mengalami perkembangan. Di beberapa negara komik telah menjadi peran penting dalam pertumbuhan ekonomi negaranya. Seperti bagaimana pertumbuhan komik telah menjadi peran penting dalam industri film Hollywood dan serial televisi di Amerika Serikat yang mendunia, serta program industri kreatif Cool Japan dengan industri anime dan manganya.

Namun selain sebagai media hiburan, komik juga bisa digunakan sebagai media penyampaian pesan yang efektif dalam berbagai kegiatan. Sebuah pesan komunikasi bisa dikemas dengan cara yang menarik dan juga interaktif melalui media komik. Dengan terus berkembangnya komik yang ada di Indonesia saat ini, kini komik tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan saja. Banyak pihak yang telah menggunakan komik sebagai media untuk menyampaikan pesan iklan kepada konsumen, serta untuk menyampaikan PR Internal perusahaan. Bagaimanakah komik bisa menjadi sebuah media komunikasi yang efektif? Simak contohnya berikut ini.

Slot Iklan dalam Komik

Kini mulai banyak komik yang digunakan sebagai media untuk beriklan. Salah satu cara beriklan dalam media komik yang paling sederhana adalah dengan beriklan dalam slot yang ada di sebuah komik. Biasanya dalam sebuah komik strip, sang komikus menyediakan beberapa tempat bagi produk untuk menaruh logo untuk beriklan sebagai sponsor dalam komik tersebut.

KOSTUM (komik strip untuk umum) – Tarik – didukung oleh: www.antamgold.com

Dikirim oleh KOSTUM (komik strip untuk umum) pada 6 Desember 2016

Product /Brand Placement

Cara lain yang bisa dilakukan untuk beriklan melalui media komik adalah dengan melakukan Product Placement. Menurut situs Business Dictionary, Product / Brand Placement adalah teknik periklanan yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka secara subtle melalui teknik periklanan non tradisional, biasanya menggunakan media film, TV, atau media lain. Product / Brand placement bukan merupakan metode baru dalam periklanan. Metode ini cukup efektif karena bisa menampilkan produk tanpa mengganggu sisi hiburan di media. Dengan perkembangan komik pada saat ini, Product / Brand  Placement juga bisa dilakukan melalui komik.

Beriklan Melalui Cerita dalam Komik

Bentuk lain untuk beriklan melalui komik adalah pihak brand membuat konten dari komik itu sendiri. Untuk membuat sebuah iklan yang menarik, brand bisa mengemas pesan iklan dalam bentuk sebuah komik. Pihak brand bisa saja membuat karakter sendiri sebagai perwujudan brand tersebut dan membuat cerita komik dari karakter tersebut, atau membuat cerita yang berisi pesan iklan dengan karakter komik lain.

Komik mingguan Si YuyuEdisi 'Doctor Strange'Yuyu bertemu Doctor Strange ditengah kemacetan jalanan yang parah. Apa yang kira-kira akan dilakukan Yuyu ya?

Dikirim oleh UC Browser pada 3 November 2016

Fullovers, #KomikMarloAndFriends kali ini Kibo punya gebetan baru gitu deh ceritanya! Cie cieee 😂😂 simak aja nih kisah serunya!!-Marlo

Dikirim oleh Fullo pada 8 Maret 2017

Di Indonesia sudah ada beberapa brand yang menggunakan komik sebagai media untuk beriklan. Seperti UC Browser dan Fullo yang membuat konten komik dari maskotnya. Selain itu ada juga komik dari Dompet Dhuafa yang menampilkan karakter Bang Sidik, maskot dari Dompet Dhuafa yang tampil bersama karakter Si Bedil.

Ambil berkahnya dulu, baru kaya. Kenalin itu Bang Sidik dari Dompet Dhuafa. Hehe. -#30 "Ambil Berkahnya"

Dikirim oleh Si Bedil pada 22 Mei 2015

Kesimpulan

Selain sebagai media hiburan, kini komik juga bisa menjadi media komunikasi yang efektif. Menggunakan komik sebagai media untuk beriklan bisa menjadi cara yang efektif untuk menjangkau khalayak. Dengan menggunakan komik, iklan yang dianggap membosankan dan mengganggu bisa menjadi hal yang menarik dan membuat orang tertarik untuk membacanya. Penggunaan komik sebagai media beriklan ini juga bisa menjadi cara yang efektif untuk melakukan pemasaran digital.

Dengan menggunakan komik sebagai media beriklan juga bisa mempermudah brand untuk berinteraksi dengan para audience. Melalui komik, brand juga bisa merangkul audience yang menyukai komik tersebut sebagai calon konsumen potensial. Dari segi konten jika komik yang dikemas menarik konten tersebut bisa menjadi viral dan meningkatkan awareness dari iklan tersebut.

Tags: , ,