Blog Artikel

Faza Meonk: Industri Komik Indonesia Memiliki Potensi Besar (Idenesia Metro TV)

Faza Meonk, sosok kreatif di balik karakter Si Juki diundang menjadi salah satu pembicara dalam acara talkshow Idenesia yang ditayangkan oleh stasiun televisi Metro TV. Kreator Si Juki ini hadir dalam acara Idenesia episode “Wajah Baru Komik Indonesia” yang ditayangkan pada hari Kamis, 13 Juli 2017. Dalam acara ini Faza membicarakan mengenai perkembangan komik Indonesia yang berpotensi untuk mengangkat industri kreatif di Indonesia.

Pada talkshow yang dipandu oleh musisi Yovie Widianto ini, Faza Meonk menyoroti penggunaan media digital sebagai alternatif baru untuk mengembangkan komik menjadi sesuatu yang lebih besar. Jika dikelola dengan baik, maka sebuah komik bisa dikembangkan ke dalam berbagai media baru mulai dari game, animasi, hingga film layar lebar. Jika dikelola dengan baik, komik juga memiliki potensi bisnis dalam bentuk merchandising dan produksi berbagai produk turunannya, seperti bagaimana karakter komik di Jepang bisa muncul dalam berbagai produk mulai dari mainan anak-anak hingga clothing.

Hal inilah yang dilakukan oleh Pionicon dalam mengelola berbagai karakter komik seperti Si Juki. Melalui media sosial, Si Juki menghadirkan berbagai konten seperti komik dan animasi untuk menumbuhkan basis penggemarnya. Basis penggemar di media sosial ini menjadi potensi besar yang mampu membawa Si Juki tampil dalam berbagai komik cetak, komik online, merchandising, hingga merilis sebuah film animasi layar lebar pada akhir tahun 2017.

Dalam acara ini Faza juga membahas mengenai film animasi layar lebar Si Juki the Movie. Film ini bisa menjadi satu batu loncatan bagi industri perfilman di Indonesia, bahwa komik juga bisa menjadi salah satu media yang berpotensi untuk diangkat menjadi film layar lebar. Di sisi lain, kehadiran Si Juki the Movie juga diharapkan bisa mengembangkan industri animasi di Indonesia.

Selain Faza Meonk, komikus lain yang hadir di Idenesia episode ini adalah Iwan Nazif yang berpartisipasi dalam proyek seri komik Revolusi: Si Buta dari Gua Hantu dari Bumi Langit. Menurut Iwan Nazif, media sosial memiliki potensi cukup besar, terutama dalam memperkenalkan kembali para karakter komik superhero lawas Indonesia dengan versi baru kepada khalayak modern.

Tags: