Blog Artikel

Inilah 3 Calon Maskot Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade telah menjadi ajang gelaran olahraga akbar yang ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh penduduk dunia. Setiap 4 tahun sekali banyak cabang olahraga dan atlit yang menjadi perhatian dunia dalam ajang Olimpiade ini. Tidak hanya dari sisi olahraga saja, satu hal lain yang dinanti-nanti menjelang Olimpiade diselenggarakan adalah kehadiran sosok karakter maskot.

Setelah pada tahun 2016 diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brazil, Olimpiade musim panas 2020 akan diselenggarakan di kota Tokyo, Jepang. Industri kreatif dan dunia pop kultur menjadi salah satu hal yang sangat ikonik dari negara tuan rumah Olimpiade 2020 ini. Karakter telah menjadi bagian dari keseharian di Jepang, mulai dari karakter IP komik, animasi, dan game, hingga karakter maskot yang ada di berbagai daerah seperti Kumamon telah tumbuh dengan sangat pesatnya di sana. Sebagai negara yang dikenal dengan industri kreatifnya ini, kira-kira seperti apa ya calon maskot yang akan menjadi perlambangan ajang Olimpiade di tahun 2020 mendatang?

Baca juga: Daftar Karakter IP Yang Terlibat dalam Olimpiade Tokyo 2020

Pihak panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 telah merilis 3 calon pasangan maskot yang akan dipilih sebagai maskot Olimpiade nanti. Ketiga calon pasangan maskot ini terpilih setelah melalui seleksi dari 2.042 daftar calon maskot yang didaftarkan. Ketiga calon ini dibuat berpasangan karena akan dipilih sebagai maskot Olimpiade dan Paralimpiade.

Kandidat Maskot A

Calon maskot Olimpiade ini dibuat berdasarkan perpaduan antara unsur budaya tradisional Jepang dengan inovasi teknologi terkini. Maskot ini memiliki daya tarik klasik yang menampilkan kesan tradisional dan penampilan futuristik yang terlihat high-tech. Maskot ini memiliki karakteristik yang menjunjung tinggi rasa keadilan dan sangat atletis. Maskot ini memiliki kekuatan ajaib untuk berpindah tempat secara cepat.

Calon maskot Paralimpiade dari pasangan kandidat A ini adalah karakter yang keren, lincah dan memiliki kekuatan supernatural. Kekuatan supernatural yang dimiliki oleh maskot ini adalah bisa berbicara dengan batu dan angin, serta bisa menggerakkan benda hanya dengan melihatnya. Maskot ini biasanya tampil tenang, namun ia bisa menjadi sangat kuat ketika ada orang yang membutuhkan bantuannya, karakter ini memiliki kekuatan besar di dalam dirinya. Selain itu ia juga sosok yang sangat peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan hidup.

Kedua maskot ini memiliki kepribadian  yang berbeda, meski demikian mereka saling menghargai satu sama lain sebagai sahabat baik. Kedua maskot ini sangat ramah kepada siapapun. Mereka selalu mencoba melakukan yang terbaik dan memberikan semangat baik kepada semua orang.

Kandidat Maskot B

Maskot Olimpiade dari pasangan kandidat B ini memiliki warna merah yang melambangkan kehangatan negeri Jepang. Wujud karakter maskot ini diambil dari sosok kucing keberuntungan dan rubah Inari yang menjadi simbol keberuntungan di Jepang. Maskot ini bisa berlari dengan sangat cepat sampai-sampai ia bisa membuat bukit dan sungai saat ia sedang berlarian di daratan. Maskot ini sangat suka berlari, meski begitu ia juga suka tidur siang di bawah sinar mentari. Karakter maskot ini melambangkan kemeriahan festival tradisional Jepang. Siapapun yang menyentuh ekornya akan mendapat energi kebahagiaan.

Karakter maskot Paralimpiade ini lahir dari angin yang membawa empat musim berbeda di Jepang. Model karakter maskot ini didasari dari sosok anjing penjaga yang ada di beberapa kuil. Surai maskot ini bisa mengeluarkan angin dari empat musim berbeda lengkap dengan kelopak bunga sakura, salju, dedaunan musim gugur, serta petir. Maskot ini bahkan bisa menumbuhkan bunga dari pohon yang sudah mati. Dengan tubuhnya yang ringan, maskot ini suka berterbangan di langit dan menebarkan semangat dari setiap musim yang ada di Jepang.

Maskot Olimpiade dan Paralimpiade ini lahir di tempat yang berbeda dan terlihat sangat berbeda. Meski demikian keduanya berteman baik, sekaligus menjadi rival bagi satu sama lain. Mereka saling bersaing antara langit dan bumi yang ada di Jepang dan saling berusaha untuk melakukan yang terbaik.

Kandidat Maskot C

Calon maskot Olimpiade dari pasangat kandidat C ini lahir dari rubah yang ada dalam dongeng tradisional Jepang. Karakter maskot ini memiliki pola Magatama yang menghias tubuhnya. Maskot ini sangat atletis dan bisa bergerak dengan cepat. Ia juga merupakan sosok pemimpin yang hebat dan juga ramah. Karakter maskot ini suka memberi dukungan dan semangat kepada para atlit dan juga penonton bersama dengan roh angin.

Maskot Paralimpiade ini memiliki bentuk seekor rakun dari cerita rakyat Jepang yang memiliki daun di atas kepalanya dan bisa berubah bentuk. Maskot ini biasanya tampil tenang dan memiliki sifat yang atletis. Karakter maskot ini suka memberi dukungan dan semangat kepada para atlit dan juga penonton bersama dengan roh hutan.

Kedua calon maskot Olimpiade dan Paralimpiade ini memiliki warna merah dan putih, warna khas dari Jepang dan memiliki pita Mizuhikiri sebagai bagian dari penampilannya. Mereka berteman baik dan memahami satu sama lain, mereka juga sering menyemangati satu sama lain.

Baca juga: Karakter Dalam Merchandise Resmi Olimpiade Tokyo 2020

Dari ketiga pasang calon maskot ini nantinya akan dipilih lagi satu pasang maskot yang terpilih sebagai maskot resmi Olimpiade dan Paralimpiade 2020. Pemilihan maskot ini dilakukan oleh para murid SD yang ada di Jepang. Pemilihan ini dilakukan mulai tanggal 11 Desember 2017 hingga 22 Februari 2018. Pasangan maskot terpilih akan diumumkan pada akhir bulan Februari tahun 2018.

Karakter maskot telah menjadi sebuah kekhasan tersendiri yang ada di Jepang. Tidak hanya tampil sebagai ikon hiburan dalam komik dan illustrasi saja, karakter maskot bahkan telah digunakan oleh pemerintah daerah sebagai perlambangan dari daerah tertentu. Beberapa lembaga resmi milik pemerintah juga banyak yang memiliki karakter maskot untuk menyampaikan pesan kepada publik. Potensi yang dimiliki oleh karakter maskot ini pun cukup besar dan mampu menyumbang pemasukan bagi masing-masing daerah.

Baca juga: Belajar dari Jepang: Pemanfaatan Karakter Maskot bagi Pengembangan Daerah

Sumber: Tokyo 2020 Olympic

Tags: