Blog Artikel

Lebih Dekat Mengenal Zabivaka, Sang Maskot Piala Dunia 2018

Bagi kamu para penggila bola, tahun 2018 tentu menjadi tahun yang dinanti-nanti karena di tahun ini ajang Piala Dunia FIFA kembali diselenggarakan. Pada tahun ini, ajang pertandingan akbar yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali ini digelar di Rusia. Banyak hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia dalam setiap Piala Dunia. Selain menanti negara manakah yang akan mengangkat trofi juara di piala dunia tahun ini, keberadaan karakter maskot piala dunia juga menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan dari ajang akbar yang satu ini.

Sejarah hadirnya maskot dalam ajang Piala Dunia

Ajang kejuaraan Piala Dunia sudah diadakan sejak lebih dari 80 tahun lalu. FIFA menyelenggarakan Piala Dunia pertama kali di tahun 1930 yang diselenggarakan di negara Uruguay. Meskipun sudah diadakan sejak tahun 1930, tetapi kehadiran maskot dalam Piala Dunia baru ada 36 tahun berikutnya di Piala Dunia 1966.

FIFA World Cup 1966 diadakan di negara Inggris, Piala Dunia ini merupakan Piala Dunia pertama yang menghadirkan karakter maskot. Pada saat itu, komite penyelenggara Piala Dunia 1966 meluncurkan maskot berbentuk singa bernama World Cup Willie. Maskot singa ini tampil mengenakan jersey bercorak bendera nasional Inggris lengkap dengan teks bertuliskan “World Cup”.

Desain karakter maskot ini diciptakan oleh Reg Hoye, seorang illustrator yang berpengalaman membuat illustrasi untuk buku anak. Selain membuat desain karakter World Cup Willie untuk Asosiasi Sepak Bola Inggris, Reg Hoye juga pernah membuat berbagai illustrasi untuk buku karangan Enid Blyton. Pada awalnya Reg Hoye membuat 4 desain karakter untuk dipilih sebagai maskot yang terdiri dari 1 karakter anak laki-laki dan 3 karakter berbentuk singa. Desain karakter Willie ini dibuat berdasarkan penampilan wajah dari anak laki-laki Reg Hoye sendiri.

Sebagai maskot pertama Piala Dunia, pada saat itu Willie ternyata telah berhasil menjadi sosok selebriti dunia di kala itu. Tidak hanya di Inggris saja, World Cup Willie juga sangat populer di seluruh dunia. Jerman dan Rusia menjadi dua negara yang sangat menggemari karakter Willie pada saat itu.

 

Popularitas Willie pun semakin meroket dengan hadirnya berbagai merchandise dan barang koleksi dari karakter tersebut. Mulai dari gantungan kunci, mug, hingga penutup tempat tidur dengan illustrasi karakter World Cup Willie menjadi incaran para fans di masanya.Tidak hanya itu, Willie bahkan memiliki lagu sendiri berjudul “World Cup Willie” yang dinyanyikan oleh Lonnie Donegan. Pada ajang World Cup 2010 lagu ini dirilis ulang dan dinyanyikan oleh Lonnie Donegan Jr.

 

Kehadiran Willie juga seringkali disebut-sebut sebagai awal mula dimulainya hobi mengoleksi memorabilia khas Piala Dunia yang digandrungi tidak hanya oleh para penggila bola saja, tetapi juga oleh para penggemar karakter maskot tiap Piala Dunia. Kesuksesan Willie sebagai maskot Piala Dunia ini kemudian disusul oleh maskot-maskot lainnya yang hadir di Piala Dunia setelah itu, mulai dari Juanito sang maskot Piala Dunia Mexico 1970 hingga Fuleco sang maskot Piala Dunia Brazil 2014. Kini Rusia sebagai tuan rumah dari Piala Dunia 2018 juga memiliki karakter maskot sendiri bernama Zabivaka.

Zabivaka sang maskot Piala Dunia 2018

Zabivaka adalah nama dari karakter maskot yang hadir meramaikan semarak sportifitas di ajang piala dunia tahun 2018 ini. Jika pada tahun 2014 hewan Armadillo terpilih sebagai maskot piala dunia Brazil, dalam ajang piala dunia kali ini Rusia memiliki serigala sebagai sosok maskot piala dunia 2018. Dalam bahasa Rusia, nama Zabivaka sendiri memiliki arti “dia yang mencetak skor”.

Dalam ajang piala dunia, keberadaan maskot memiliki peranan penting. Dilansir dari situs resmi FIFA, sang serigala (Zabivaka) ini dibuat tidak hanya untuk mempromosikan ajang piala dunia dan menghibur para penonton di stadium saja, maskot ini diciptakan untuk menjadi duta Rusia serta sesosok selebriti kelas dunia.

 

“Peran dari maskot (Zabivaka) ini lebih dari sekedar menjadi populer di kalangan penonton saja. Maskot kami diberikan tugas untuk menginspirasi para supporter, mengajak masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam ajang akbar sepak bola ini, mengundang seluruh masyarakat untuk datang ke stadium agar bisa merasakan berbagai momen yang memorable dan larut dalam emosi yang positif. Jutaan fans sepak bola dari Rusia ikut serta dalam pemilihan maskot ini dan ini berarti Zabivaka akan melakukan tugas yang baik untuk merepresentasikan negara kita (Rusia) kepada dunia.” Ujar Vitaly Mutko, selaku Local Organizing Committee Chairman dari piala dunia 2018.

Mengenal lebih dekat sosok Zabivaka

Seperti apakah sifat dan karakteristik dari sang serigala maskot piala dunia 2018 ini? Dilansir dari situs resmi FIFA, disebutkan bahwa Zabivaka adalah seekor serigala yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan selalu bermimpi untuk bisa menjadi pemain sepak bola terkenal. Meskipun begitu ia adalah sosok yang periang dan suka membawa keceriaan kepada teman-teman lainnya.

Dalam timnya, serigala ini adalah pemain yang paling muda usianya. Tetapi jangan remehkan kemampuannya hanya dari usianya karena Zabivaka adalah pemain yang sangat cepat, tangkas, dan cekatan saat berada di lapangan hijau. Dengan bakatnya yang luar biasa, Zabivaka selalu mampu membawa timnya menuju kemenangan dalam setiap pertandingan.

Untuk melatih bakatnya, bahkan saat memiliki waktu senggang ia suka berlatih sepak bola. Zabivaka adalah pemain sepak bola yang menjunjung tinggi sportifitas. Ia sangat menghormati seluruh anggota timnya, anggota tim lawan, dan ia selalu bermain dengan mengutamakan tujuan dan skill yang cekatan.

Pada setiap pertandingannya, Zabivaka tidak pernah melupakan kacamata yang selalu ia gunakan. Kacamata ini selalu ia bawa bersama saat sedang beraksi agar terlihat lebih keren, karena serigala ini sangat suka berpose di depan kamera. Tetapi tidak hanya itu saja, kacamata ini juga digunakan agar ia bisa lebih fokus kepada target saat sedang bertanding.

Perjalanan Zabivaka Terpilih Sebagai Maskot

Pada bulan April tahun 2015 FIFA menggelar campaign pencarian desain maskot yang dilakukan dalam 3 tahap. Pada tahap pertama, para remaja diajak untuk memilih 10 konsep karakter maskot yang terdiri dari macan Amur (macan Siberia), Bogatyr (kesatria Rusia di abad pertengahan), serigala, leopard, burung api, alien, kosmonot, kucing, beruang, serta robot. Kemudian pada tahap kedua beberapa mahasiswa desain membuat desain awal dari konsep karakter tersebut. Tiga finalis pun akhirnya terpilih oleh para juri di tahap ketiga.

Zabivaka terpilih sebagai maskot piala dunia 2018 setelah berhasil memenangkan voting melawan 2 maskot lainnya. Sebelum terpilih, ada 3 kandidat maskot piala dunia 2018 yaitu kucing, macan, dan serigala. Dalam tahap pemilihan, ketiga maskot ini masih belum memiliki nama sehingga hanya disebut sebagai Cat, Tiger, dan Wolf saja. Serigala pun akhirnya terpilih setelah mendapat perolehan suara sebesar 53% disusul oleh macan dengan perolehan suara 27% dan kucing dengan perolehan suara 20%.

Ketiga kandidat maskot tersebut merupakan hasil karya dari Ekaterina Bocharova. Ekaterina Bocharova adalah seorang mahasiswi kelahiran kota Kedrovy di Siberia Barat. Mahasiswi asal Tomsk State University ini terpilih menjadi desainer maskot piala dunia setelah memenangkan kontes pencarian desainer maskot piala dunia di tahun 2015.

“Untuk menentukan maskot serigala ini, pertama kami mengumpulkan saran dan masukan dari anak-anak di Rusia melalui polling online. Berdasarkan ide-ide yang telah terkumpul tersebut, kami mengajak para mahasiswa desain untuk mengumpulkan desain karakter mereka dan kemudian dipilih langsung oleh publik.” Ujar Fatma Samoura, sekjen FIFA. “Delapan belas bulan setelah kami meluncurkan proyek ini, kami sangat senang karena maskot FIFA World Cup 2018 ini adalah hasil kerja sama seluruh rakyat Rusia yang menunjukkan kreativitas dan komitmen yang kuat untuk menyukseskan ajang World Cup 2018.” Tambahnya.

Pada saat ajang penganugerahan Zabivaka sebagai maskot terpilih piala dunia 2018, legenda sepak bola asal Brazil, Ronaldo turut hadir di Rusia. “Fuleco (maskot piala dunia 2014) sangatlah sukses di Brazil, anak-anak saya menyukainya. Orang dewasa juga banyak yang menyukainya. Menakjubkan sekali melihat bagaimana waktu berlalu dengan cepat dan saat ini saya memperkenalkan maskot piala dunia 2018.” Ujar Ronaldo.

“Maskot adalah duta yang sangat hebat untuk mempromosikan ajang kompetisi ini dan membawa kemeriahan di stadion. Saya sudah bisa merasakan kemeriahan dari piala dunia 2018 hanya dengan melihat Zabivaka. Saya yakin ia akan selalu diingat oleh seluruh penggemar sepak bola di seluruh dunia.” Tambah Ronaldo saat memberikan komentar mengenai maskot dalam ajang penganugerahan Zabivaka di tahun 2016.

Meskipun piala dunia 2018 baru dimulai pada bulan Juni mendatang namun gegap gempitanya sudah mulai terasa berkat keberadaan Zabivaka sebagai maskot terpilih. Tidak hanya sebagai maskot Piala Dunia saja, Zabivaka juga bisa mewakili identitas Rusia sebagai tuan rumah, sekaligus ikon selebriti dunia. Kehadiran karakter maskot dalam ajang Piala Dunia ini menandakan bahwa karakter fiksi yang sering dianggap “kekanak-kanakan” juga ternyata bisa memiliki pengaruh penting bahkan dalam ajang pertandingan olahraga akbar tingkat dunia.

Dirangkum berdasarkan informasi dari: FIFA, World Collectors Net, Zabivaka FB Page

Tags: , ,