Blog Liputan Event

Pionicon Highlights on Popcon Asia 2018

Perhelatan event pop culture tahunan Popcon Asia kembali hadir di tahun 2018. Pada tahun 2018, Popcon Asia mengusung tema Clash of Pop untuk menyemarakkan semangat sportivitas dari perhelatan Asian Games 2018. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Popcon Asia 2018 diselenggarakan di venue yang berbeda yaitu di ICE, BSD.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, PIONICON kembali berpartisipasi di acara POPCON Asia 2018 untuk menghadirkan berbagai konten kreatif baru dari para karakter IP yang tergabung di PIONICON. Tidak hanya karya terbarunya saja yang eksis, para kreator yang tergabung di PIONICON juga ikut serta hadir bertemu para fansnya di acara ini. Selain itu dalam acara kali ini, PIONICON bekerjasama dengan Starvision menghadirkan talkshow dengan para pemain dari film GENERASI MICIN VS Kevin. Mau tahu apa saja konten yang dihadirkan PIONICON di Popcon Asia 2018? Ikuti highlight selengkapnya dalam artikel ini!

Meet & Greet + Launching Komik Dalang Pelo

Daaaalang Peeelooo! Mendengar dua kata tersebut tentu membuat kita langsung teringat dengan salah satu animasi singkat buatan kreator Indonesia yang terus menghibur dengan kisah humornya di Instagram. Pada acara POPCON Asia 2018 kali ini, PIONICON mengangkat animasi singkat ini sebagai salah satu highlight utama. Sosok karakter Acil dari Dalang Pelo bahkan turut serta menghiasi booth PIONICON bersama Si Juki.

Dalam acara ini, PIONICON secara khusus menghadirkan kreator animasi Dalang Pelo untuk pertama kalinya ke publik. Selama dua hari, Nur Alif Ramadhan, animator muda yang membuat animasi ini hadir untuk melakukan Meet & Greet bersama para fansnya. Para fans pun langsung banyak yang meramaikan booth PIONICON untuk melihat bagaimana sang kreator Dalang Pelo melakukan Live Animating. Saat sesi Meet & Greet dimulai, berbagai fans mulai dari anak-anak hingga orang tua langsung antri untuk berfoto dan meminta tanda tangan dari kreator muda berbakat ini.

Khusus untuk acara POPCON Asia 2018, PIONICON merilis komik pertama dari animasi Dalang Pelo. Komik ini menampilkan kisah jenaka keseharian Acil, Leri, Monyet dan Om Gepeng yang tidak kalah lucu dengan animasi singkat yang selalu diunggah ke sosmed. Begitu acara dimulai, para fans Dalang Pelo langsung menyerbu komik ini untuk bisa ditandatangani langsung oleh kreatornya dalam sesi Meet & Greet.

Pada POPCON Asia 2018 Day 2, Nur Alif Ramadhan sang kreator Dalang Pelo mengadakan talkshow. Dalam talkshow yang berlangsung di hari Minggu sore, Nur Alif Ramadhan menceritakan proses pengembangan animasi Dalang Pelo sejak awal hingga sekarang. Pada sesi talkshow ini, ia juga mempraktikkan bagaimana pengisian suara karakter Acil, Leri, Monyet dan Om Gepeng yang diisi oleh dirinya sendiri langsung di atas panggung.

Rilis Komik dan Produk Baru Si Juki

Tidak hanya Dalang Pelo saja yang menghadirkan konten baru di POPCON Asia 2018, Si Juki juga tidak mau kalah merilis berbagai komik dan produk barunya. Dalam acara ini PIONICON menghadirkan dua komik baru Si Juki yaitu Si Juki Keroyokan X serta Si Juki & Mang Awung. Dalam komik Si Juki Keroyokan X, selain menampilkan kompilasi cerita dari karakter lain, dihadirkan juga sebuah cerita spesial yang mempertemukan para karakter di Si Juki Keroyokan dalam satu cerita yang penuh aksi. Komik Si Juki & Mang Awung merupakan komik cetak yang mengangkat webcomic dengan judul sama yang diunggah di platform Ciayo Comics. Dalam komik ini diceritakan Si Juki bertemu dengan pensiunan tentara bernama Mang Awung dan mereka berdua melakukan berbagai hal konyol bersama.

Tidak hanya merilis komik, Si Juki juga menghadirkan produk baru yang baru pertama kali dirilis. Jika biasanya Si Juki selalu merilis produk yang berkaitan dengan komik, atau T-shirt, di acara POPCON Asia 2018 ini Si Juki menghadirkan produk baru berupa air mineral dan siomay. Produk air mineral dan siomay ini juga dijual secara paket di booth terpisah yang ada di area FnB. Air mineral yang bernama Air Minoom ini memiliki packaging yang menampilkan Si Juki, Dalang Pelo, dan berbagai karakter Pionicon lainnya dalam satu kemasan. Menariknya, produk air mineral dan siomay ini dijual langsung oleh Si Juki yang keliling layaknya pedagang asongan.

Demo Game Si Juki Warteg Mania

Pada acara POPCON Asia 2018, para pengunjung berkesempatan untuk mencoba versi demo dari game terbaru Si Juki yang berjudul “Si Juki Warteg Mania”. Game ini merupakan hasil kolaborasi PIONICON dengan developer game lokal Arsanesia. Dalam game ini, pemain membantu Si Juki untuk mengelola sebuah warteg. Pemain diharuskan membuat makanan yang dipesan oleh para pengunjung warteg yang berdatangan satu per satu. Dalam game ini pemain juga bisa memasak berbagai makanan khas nusantara bersama para karakter lain yang muncul di komik Si Juki seperti Juleha dan Mang Awung. Para pengunjung yang hadir langsung mencoba game ini dengan penuh antusias.

Live Drawing + Meet & Greet with Faza Meonk

Kreator Si Juki sekaligus Creative Director dari PIONICON, Faza Meonk juga turut berpartisipasi memeriahkan booth PIONICON. Selama dua hari Faza Meonk mengadakan sesi Live Drawing serta Meet & Greet kepada seluruh sobat Juki yang hadir di POPCON Asia 2018. Dalam sesi Live Drawing, Faza Meonk mengajak para pengunjung untuk memberi ide gambar Si Juki yang dibuat langsung olehnya di booth. Berbagai ide seru pun dilontarkan oleh para pengunjung, ada yang request gambar Si Juki yang sedang mengaji, ada juga yang request gambar Si Juki melawan monster. Di sela-sela sesi Live Drawing yang berlangsung, Faza Meonk menceritakan proses kreatif dalam membuat komik Si Juki serta mengembangkan karakternya tersebut. Dalam sesi Meet & Greet, banyak pengunjung yang berfoto bersama Faza Meonk dan meminta tanda tangan di komik Si Juki yang mereka koleksi.

Live Drawing + Meet & Greet with PIONICON Network creators

Tidak hanya Dalang Pelo dan Faza Meonk, dalam acara POPCON Asia 2018 ini PIONICON juga menghadirkan sesi Live Drawing serta Meet & Greet bersama para kreator yang tergabung di PIONICON Network. Kreator yang hadir meramaikan booth PIONICON adalah kreator dari Sengklekman, Si Nopal, dan Dracko. Di booth PIONICON, para kreator ini saling berbagi cerita mengenai proses kreatif dibalik pembuatan karyanya kepada para pengunjung.

Meet & Greet with GENERASI MICIN vs Kevin Cast

Pada acara POPCON Asia 2018, PIONICON menghadirkan kolaborasi terbarunya bersama rumah produksi Starvision dalam film GENERASI MICIN vs Kevin. Dalam film ini, Faza Meonk ditunjuk sebagai ko-sutradara sekaligus penulis naskah film yang diangkat dari buku Student Guidebook for Dummies 1 & 2 karya Kevin Anggara. Selain itu, Faza Meonk dan PIONICON juga menghadirkan cuplikan animasi di film ini dan mengadaptasi naskah film ini menjadi novel yang diterbitkan BUKUNE.

Dalam acara POPCON Asia 2018, para pemeran di film ini hadir untuk melakukan talkshow di area Nusantara Hall. Setelah talkshow selesai dilakukan di Nusantara Hall, para pemeran film ini langsung menuju ke booth PIONICON untuk melakukan Meet & Greet serta sesi tanya jawab bersama para fans. Saat sesi Meet & Greet berlangsung, area booth langsung dipenuhi oleh para fans yang ingin berfoto bersama para pemeran film ini sekaligus bertanya lebih lanjut mengenai film GENERASI MICIN vs Kevin.

Si Juki vs Poppo on Popcon Stage

 

Keseruan lainnya di acara POPCON Asia 2018 datang dari karakter Si Juki. Selama dua hari Popcon Asia berlangsung, Si Juki hadir untuk menyapa para penggemarnya sekaligus berjualan asongan di sekitar area Hall 3A ICE BSD. Tetapi ada hal lain yang sangat tidak terduga-duga para pengunjung acara ini yang dilakukan Si Juki. Di hari kedua, Si Juki ternyata beradu kekuatan dengan Poppo!

Kejadian ini bermula saat Si Juki dan Poppo saling bersenggolan di area Hall 3A. Tidak terima disenggol, Si Juki pun mendorong Poppo dan dibalas dorongan balik oleh Poppo. Akhirnya keduanya langsung naik ke atas panggung utama yang berbentuk ring tinju. Di sanalah akhirnya Si Juki dan Poppo saling menunjukkan jurus saktinya.

Tenang saja, pertarungan ini hanyalah bentuk aktivitas yang direncanakan oleh tim PIONICON bersama tim POPCON Asia. Saat sedang beradu kekuatan di atas ring tinju, para pengunjung pun langsung mengerumuni panggung melihat dua karakter ini beraksi. Gelak tawa pun pecah dari para penonton yang menyaksikan aksi pertarungan kocak antar dua karakter ini. Selesai bertarung, keduanya bersalaman kembali sebagai bukti bahwa pertarungan ini bukanlah hal yang serius.

Simak keseruan lainnya dalam galeri foto berikut ini:

 

 

Demikianlah highlight dari berbagai aktivitas yang dilakukan PIONICON dalam acara POPCON Asia 2018. Terima kasih untuk seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung acara ini. Sampai jumpa di POPCON Asia berikutnya!

Tags: