Blog News

PIONICON dan Elex Media Merilis Komik Pintar Si Juki & Sengklekman

Komik biasanya dianggap sebagai media hiburan yang hanya menghadirkan cerita fiksi semata. Anggapan ini tidak hanya berlaku bagi komik dari luar negeri saja tapi juga berlaku bagi komik Indonesia. Mematahkan anggapan tersebut, PIONICON bekerjasama dengan penerbit Elex Media menghadirkan komik sebagai media edukasi dalam seri Komik Pintar.

Seri Komik Pintar ini memadukan konsep edukasi dengan komik komedi yang menghibur. Perpaduan ini ditujukan agar bisa menyampaikan konten edukasi dengan pembawaan yang lebih ringan dan tidak kaku. Selain itu, penggabungan konten edukasi dengan komik juga membuat komik yang bersifat menghibur bisa memiliki sifat edukatif.

Perilisan seri Komik Pintar ini dimulai dengan menghadirkan karakter Si Juki dan Sengklekman. Si Juki adalah karakter jenaka ciptaan Faza Meonk yang telah hadir di berbagai media mulai dari komik, game, hingga film animasi layar lebar. Sengklekman sendiri adalah karakter dari komik strip karya Julian Syahputra yang telah dikembangkan menjadi komik strip di sosial media, komik online di platform CIAYO Comics dan juga komik cetak.

Dalam seri Komik Pintar ini, Si Juki hadir dengan membawakan materi edukasi mengenai sistem pencernaan manusia. Komik ini membahas berbagai topik terkait sistem pencernaan manusia seperti pentingnya mengunyah makanan, bagaimana makanan diproses di dalam tubuh, hingga proses perubahan makanan menjadi kotoran manusia. Topik mengenai sistem pencernaan ini dibahas dengan ringan oleh Si Juki dan teman-temannya para penghuni kos yang memang selalu punya cara unik untuk bisa makan dengan sangat hemat.

Untuk Sengklekman, topik yang dibawakan dalam seri Komik Pintar ini adalah materi edukasi mengenai kebumian. Dengan tingkah laku para karakternya yang konyol, Sengklekman membongkar mitos mengenai teori bumi datar dengan fakta-fakta ilmiah yang ringan dan mudah dipahami. Selain membahas mengenai bentuk bumi, dalam Komik Pintar ini Sengklekman juga membahas hal lain mengenai bumi seperti struktur muka bumi, bagaimana proses terjadinya gempa bumi, hingga membahas mengenai atmosfer dan kedalaman lautan di bumi.

Kedua Komik Pintar ini sudah terbit di berbagai toko buku di Indonesia pada tanggal 31 Oktober 2018. Komik Pintar Si Juki dan Sengklekman ini memiliki format full colour dengan tebal 128 halaman. Komik ini bisa didapatkan di toko buku terdekat dengan harga Rp60.000.

Perilisan Komik Pintar Si Juki dan Sengklekman ini diharapkan bisa menjadi media hiburan yang menghibur dan juga mampu membuka wawasan baru kepada para pembaca. Selain Si Juki dan Sengklekman, rencananya Komik Pintar ini akan hadir menampilkan berbagai karakter komik lainnya yang membahas beragam topik edukasi berbeda. Nantikan terus update terbaru mengenai seri Komik Pintar ini hanya di PIONICON!

Tags: , , ,