Blog News

Berawal dari Media Sosial, Komik Si Nopal Diangkat Menjadi Buku

Hadirnya teknologi internet dan media sosial menjadi peluang baru bagi para komikus Indonesia untuk berkarya. Selain untuk berinteraksi, sosial media juga menjadi tempat di mana para komikus menunjukkan karyanya secara online kepada para pembaca secara real-time. Adanya kemudahan ini membuat banyak komikus muda bermunculan mempublikasikan karyanya melalui media sosial.

Naufal Faridurrazak adalah salah satu dari sekian banyak komikus muda yang meluncurkan karya kreatifnya melalui media sosial. Komikus asal Bogor kelahiran 1 November 1996 ini adalah sosok dibalik komik komedi berjudul Si Nopal. Komik ini pertama kali hadir di jagad internet pada tanggal 24 Agustus 2015.

Dalam setiap komiknya, Naufal selalu menghadirkan komedi singkat nan receh dalam format komik strip 4 panel. Permainan kata-kata dan visual menjadi kekuatan komedi utama dalam komik Si Nopal. Dengan konten komiknya yang jenaka, Si Nopal mampu menarik perhatian sekaligus mengocok perut para pembaca di media sosial.

Selain konten humor receh umum, tidak jarang komik ini juga menghadirkan komedi seputar fenomena K-Pop di Indonesia. Mulai dari dunia drakor (drama serial Korea) hingga girlband dan boyband Korea diangkat menjadi konten komedi di komik Si Nopal. Berbagai konten seputar K-Pop ini ternyata mampu menarik para fans K-Pop di media sosial untuk ikut serta membaca komik ini.

Tidak hanya hadir di media sosial, komik komedi ini juga telah dicetak ke dalam format buku. Pionicon bekerjasama dengan penerbit Bukune merilis buku komik Si Nopal Komik Strip. Buku ini menampilkan berbagai komik pilihan yang telah dirilis di akun media sosial Si Nopal. Mulai dari komik dengan cerita humor umum hingga humor K-Pop diangkat dalam buku ini.

Buku komik Si Nopal Komik Strip sudah terbit di toko buku sejak tanggal 19 Oktober 2018. Komik ini memiliki tebal 132 halaman dengan format full colour. Komik ini sudah bisa dibeli di toko buku terdekat dengan harga Rp71.500.

Berbagai komik strip terbaru Si Nopal juga bisa dibaca langsung di akun instagram @si_nopal. Tidak hanya komik strip, melalui akun Instagram tersebut, Naufal Faridurrazak juga mengembangkan karakter Si Nopal menjadi animasi singkat yang diberi judul Anima Si Nopal. Kisah lain Si Nopal juga bisa dibaca di buku komik Si Juki seri Keroyokan dan komik online di CIAYO Comics.

Tags: , ,