Blog News

Si Juki the Movie Raih Penghargaan Film Animasi Terbaik di FFI 2018

Industri animasi Indonesia kini mulai tumbuh seiring dengan kemajuan positif yang diraih oleh berbagai sektor industri kreatif lainnya di seluruh Indonesia. Kini hampir setiap hari para animator muda berbagi hasil kreasinya yang ditayangkan melalui media sosial. Selain animasi singkat, film animasi produksi Indonesia juga sudah mulai bermunculan dan mendapat respons yang positif di masyarakat. Pada tahun 2017, komik Si Juki diadaptasi menjadi sebuah film animasi yang berhasil mencetak rekor sebagai Box Office Film Animasi pertama di Indonesia.

Film animasi garapan Falcon Pictures yang bekerjasama dengan PIONICON dan studio animasi Kumata ini juga menjadi salah satu nominasi di gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2018. Si Juki the Movie menjadi nominasi untuk kategori Film Animasi Terbaik. Dalam kategori ini ada 5 nominasi lainnya selain Si Juki the Movie yaitu The Awakening Lullaby (Sendika R), Keluarga Satu Setengah (Michaela Clarissa Devi), Knight Kris (William Fajito, Antonius), Terrorvision 3000 (Percolate Galactic), dan Thank You (Benvenuto Lucano A).

Pada malam penghargaan Festival Film Indonesia yang berlangsung di hari Minggu (9/12), Si Juki the Movie diumumkan sebagai peraih penghargaan Piala Citra 2018 untuk kategori Film Animasi Terbaik. Penghargaan tersebut diterima oleh Charles Y. Siagian, Operational Director dari PIONICON mewakili kreator Si Juki, Faza Meonk yang berhalangan hadir.

“Kebetulan rekan saya Faza Meonk berhalangan hadir, tetapi dia pasti senang sekali karena mendapat penghargaan ini. Terima kasih kepada Falcon Pictures yang sudah mempercayai kita untuk pembuatan film ini. Terima kasih juga untuk teman-teman produksi dari Kummata Studio dan rekan-rekan kami di industri animasi. Saya yakin bahwa industri animasi di Indonesia ke depan akan bisa semakin berjaya.” Ucap Charles saat menerima Piala Citra di malam penganugerahan Festival Film Indonesia 2018.

(Charles Y. Siagian saat menerima penghargaan untuk Si Juki the Movie – Sumber foto: Festival Film Indonesia 2018)

Film ini dirilis pada 28 Desember 2017 dengan judul Si Juki the Movie: Panitia Hari Akhir. Meskipun Si Juki sudah sangat dikenal sebagai karakter komik, tetapi cerita dari film ini merupakan cerita original baru yang belum pernah ada di komik Si Juki sebelumnya. Tidak hanya cerita yang baru, di film ini Faza juga menghadirkan banyak karakter baru yang belum pernah muncul di komik Si Juki. Menurut Faza, cerita di film ini terinspirasi dari film animasi Doraemon yang selalu menampilkan karakter baru di setiap filmnya.

Film ini menceritakan tentang karakter Si Juki, seorang selebriti yang sedang berada pada puncak ketenarannya. Sikapnya yang polos, jenaka, dan berani untuk beda membuatnya dicintai semua orang. Hingga sebuah kesalahan membuatnya berbalik menjadi musuh nomor satu masyarakat. Di saat yang sama sebuah meteor jatuh mengancam untuk menghancurkan Indonesia. Tiba-tiba seorang ilmuwan bernama Erin mendatangi Juki dan meminta bantuannya untuk menyelamatkan Indonesia dari ancaman meteor.

Berbagai karakter baru yang muncul dalam film ini disuarakan oleh sejumlah artis tanah air. Bunga Citra Lestari, Maya Wulan, Nikita Mirzani, Wizzy, Jeremy Tety, Ki Joko Bodo, dan Pandji Pragiwaksono membintangi para karakter baru di film Si Juki The Movie. Para pelawak senior tanah air seperti Indro Warkop dan Tarzan juga turut serta mengisi suara karakter film ini.

Tak lama setelah dirilis, film Si Juki the Movie langsung menembus rekor Box Office Film Animasi Indonesia pertama. Rekor ini diraih saat film ini berhasil meraih 493.000 penonton pada minggu pertama penayangannya. Angka ini sangat tinggi karena sebelumnya film animasi di Indonesia sulit sekali menembus angka 100.000 penonton. Hingga akhir penayangannya berlangsung, film ini tercatat telah ditonton oleh lebih dari 700.000 penonton.

Selain dalam film animasi di layar lebar, kisah dalam film Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir juga hadir dalam versi komik. Tidak ingin kalah dari pencapaian film layar lebarnya, penjualan komik Si Juki The Movie juga mencapai rekor sebagai best seller. Penjualan komik ini bahkan mengalahkan penjualan novel “Origin” karya Dan Brown di Indonesia.

Prestasi gemilang yang diraih oleh Si Juki the Movie menunjukkan bahwa kini animasi Indonesia sudah memiliki potensi yang besar. Berbagai IP animasi dan komik karya kreator Indonesia sudah mampu menarik minat masyarakat secara umum dengan kualitas konten yang juga tidak kalah menarik. Si Juki the Movie adalah sebuah tonggak penting bagi industri animasi di Indonesia untuk bangkit dan menunjukkan daya saingnya baik di pasar dalam negeri maupun di pasar global.

Tags: , ,