Project

Kinetic Movement Project Surabaya

PIONICON membuat sebuah gerakan untuk mengajak para desainer maupun ilustrator merancang ulang maskot kota di Indonesia

PIONICON membuat sebuah gerakan untuk mengajak para desainer maupun ilustrator merancang ulang maskot kota di Indonesia. Gerakan ini kami buat atas kepedulian dan passion kami untuk membangkitkan karakter pemenang yang dimiliki oleh negara Indonesia melalui maskot kota sebagai perwakilan dari masyarakat kota tersebut.

Dalam kesempatan kali ini, kami bekerja sama dengan Pemkot Surabaya dan Kreavi mengadakan kompetisi rancang ulang maskot kota Surabaya selama 10 hari dan berhasil mengumpulkan 54 peserta. Dari 54 peserta yang telah mengumpulkan karya, terpilih 10 peserta untuk diseleksi menjadi juara 3 besar melalui public vote. 3 Juara yang memenangkan kompetisi ini diberangkatkan ke Surabaya untuk mendapatkan penghargaan langsung dari walikota Surabaaya, Tri Rismaharini.

Maskot yang dirancang oleh juara pertama akan bekerja sama dengan 2.640 ibu rumah tangga pelaku UKM yang tergabung dalam program Pahlawan Ekonomi, sebuah wadah yang mendorong mereka menghasilkan bermacam-macam produk kreatif. Ke depannya, maskot baru ini diharapkan bisa dikembangkan menjadi berbagai produk kerajinan lokal seperti kaos, tas, boneka, hiasan, dan kerajinan tangan lainnya.

cak_koen_sby_maskot

PIONICON juga ikut menangani produk turunan resmi maskot terpilih, di mana pemenang (juara 1) akan mendapatkan hak royalti jika maskot tersebut digunakan secara komersial dalam produk seperti komik, animasi, atau game.

Other Projects