Blog

Si Juki & Mang Awung Kini Hadir di CIAYO Comics

Pionicon bekerjasama dengan CIAYO Comics merilis kisah baru Si Juki dalam komik berjudul Si Juki & Mang Awung. Komik ini dibuat langsung oleh kreator Si Juki, Faza Meonk bersama tim CIAYO Comics yang terdiri dari Alie Fachri dan Aji Mahendra. Komik ini pertama kali rilis di CIAYO Comics pada tanggal 14 April 2017.

Komik ini menampilkan tokoh komik anti-mainstream Indonesia, Si Juki dengan rekan barunya yang bernama Mang Awung. Dalam komik ini menceritakan mengenai Mang Awung, mantan penjaga di salah satu kesatuan tentara yang purna tugas. Karena satu dan lain hal, Mang Awung dibebas tugaskan dan menjadi warga sipil. Setelah purna tugas Mang Awung pun mencoba berbagai profesi lain agar bisa berbaur dengan masyarakat sekitar. Setelah itu Mang Awung hadir sebagai rekan baru Si Juki yang membantu menyelesaikan setiap masalah yang sedang dihadapi. Namun nasihat dan solusi dari Mang Awung malah membuat masalah yang dihadapi Si Juki menjadi semakin kacau.

Mang Awung ini adalah karakter yang terinspirasi dari patung Macan Cisewu yang sempat menjadi fenomena. Nama Mang Awung sendiri diambil karena patung Macan Cisewu yang berada di Jawa Barat, “Biasanya di Jawa Barat memanggil abang dengan sebutan Mamang disingkat jadi Mang.” Ujar Faza Meonk. Inspirasi patung Macan Cisewu dalam karakter Mang Awung ini juga dipilih sebagai bentuk meghidupkan kembali patung Macan Cisewu sebagai karakter yang jenaka.

Dalam proses pembuatan komik ini, pada awalnya Faza Meonk memberikan naskah kepada tim dari CIAYO Comics yang terdiri dari Alie Fachri dan Aji Mahendra. Setelah naskah diberikan, Alie dan Aji kemudian membuat storyboard yang diajukan kembali kepada Faza. Setelah storyboard disetujui oleh semua pihak, komik pun dibuat berdasarkan cerita yang telah ditentukan. Pengerjaan komik ini sempat mengalami hambatan saat Alie dan Aji mencoba membuat dua episode komik dengan style masing-masing yang ternyata membuat komiknya memiliki style berbeda dan tidak konsisten. Setelah itu kemudian mereka berbagi tugas, Aji sepakat untuk mengerjakan ilustrasinya sedangkan Fachri mengerjakan warnanya.

“Kami sangat senang sekali dapat menggarap project komik strip Si Juki & Mang Awung ini bersama Faza Meonk dan Pionicon. Semoga si macan lucu Cisewu yang sudah ‘dikubur paksa’ kemarin bisa hidup kembali yah.” Ujar Borton Liew, CEO CIAYO Comics Corp yang optimis bahwa komik ini akan sukses dan diterima oleh masyarakat Indonesia.

Komik Si Juki & Mang Awung ini bisa dibaca melalui CIAYO Comics. Komik ini terbit 2 kali seminggu di website dan aplikasi CIAYO Comics. Ayo ikuti serunya kisah Si Juki dan rekan barunya Mang Awung di CIAYO Comics!

Tags: